Senin, 05 Januari 2015

Rombak Kaki-kaki demi Kompetisi "Off-Road"

// // Leave a Comment
Jakarta, KompasOtomotif — Daniel Zebedeus, salah satu pemodifikasi spesialis mobil off-road asal Bandung, mempunyai ramuan khusus meracik Cherokee XJ. Tentunya bertujuan agar lebih terampil melibas rintangan berupa gundukan tanah dan tikungan bergelombang, khas medan off-road.

Populasi mobil dengan ciri khas SUV Amerika Serikat ini di balapan off-road Indonesia memang cukup populer. Menurut Daniel, alasan utamanya karena XJ mempunyai sasis yang kuat dan lentur, jarak poros roda 2.576 mm cocok digunakan “melibas” berbagai rintangan tanah. Selain itu, XJ gampang dicari dan harga relatif terjangkau.
Namun, ada satu kekurangan, "kaki" depan XJ menggunakan solid axle. Daniel mengungkapkan, spesifikasi ini masih kurang mantap dibanding kontestan lain. Solusi dari masalah dijawab dengan lantang. Solid Axle dipensiunkan, diganti suspensi independen khusus buat roda depan.

Dalam keterangan resmi dari SMN Sport, pekan lalu, disebutkan, transformasi dari solid axlemenjadi independen pada kaki depan Cherokee XJ diklaim sebagai yang pertama di dunia. Hal ini disimpulkan dari berbagai komentar di forum khusus off-road dan Cherokee.
300 tk
Ubahan ekstrem tidak hanya itu. Di bagian mesin, mesin asli 6-silinder segaris, 4.0L diganti memakai mesin Toyota 1JZ 6-silinder segaris, 2.5L, yang sudah dilengkapi turbocharger. Kemampuannya bertambah dua kali lipat, tenaga sekarang sekitar 300-350 PS.

Cherokee XJ milik Daniel yang bergabung di tim 7Saudara akan bertanding di putaran ke-4 Indonesia eXtreme Offroad Racing yang akan berlangsung pada 13-14 September mendatang di Sirkuit Offroad Gedongombo Semanding, Tuban, Jawa Timur.

0 komentar:

Posting Komentar